Korsleting Power Supply

Kali ini Televisi servisan mesin cina WCOM yang terpasang pada CRT Fujitec 21 inchi. Saat dinyalakan MCB meteran listrik turun ke posisi off. Dari diagnosa tersebut bisa dipastikan area Power Supply Unit atau yang biasa disebut PSU atau Regulator mengalami short. Regulator ini short akibat voltase listrik PLN turun saat TV nyala. Voltase rendah saat TV dinyalakan, sehingga kerja regulator terganggu menyebabkan Transistor regulator short. Regulator menggunakan Transistor J6910, Horizontal D5520, IC Vertikal LA78040, FBT BSC25-T1010A, IC single 8893.

Cek fisik terlihat fuse putus, fuse putus menandakan area Power Supply mengalami short atau korsleting. Pengecekan langsung tertuju ke Transistor Regulator J6910. Setelah di cek ternyata transistor ini mengalami short. Sebelum penggantian part transistor dan dioda di seputaran area regulator saya cek satu per satu.

Hasilnya gak ada yang ikut short, semua dioda dan dioda zener serta transistor di area regulator masih aman cuma Transistor Regulator J6910 yang short. Setelah semua part dirasa aman baru ganti Transistor Regulator dengan type D1885. Setelah penggantian part TV saya tes nyalakan Alhamdulillah TV cling kembali. Running tes 1 jam TV masih tetap aman. Tinggal pasang box kembali.

Komentar

Posting Komentar

Selamat Datang Di www.nofrianto-elektrik.blogspot.com dan Terima Kasih

Postingan populer dari blog ini

Gambar Melengkung Kiri Kanan

Speaker Aktif GPX

Cara Memperbaiki Kebocoran Mesin Cuci 2 Tabung