Gambar Melengkung Kiri Kanan

Televisi LG Ultra Slim 21FU2RD dengan diagnosa awal mati namun led indikator menyala. Langkah awal coba solder ulang area regulator dan horizontal, karena area ini banyak solderan yang retak. Lanjut cek tegangan, B+ normal 110volt, 180volt normal, tegangan 26volt untuk supplay IC Vertikal juga normal. Cek fisik kapasitor jenis polyester C301 dalam kondisi gosong (terbakar). Kapasitor ini memiliki kapasitas nilainya 47nF 2Ampere (473K 2A). Setelah penggantian kapasitor, TV tes nyalakan.

Alhamdulillah gambar sudah keluar, namun kiri kanan layar tidak full sekitar 5cm. Beberapa menit kemudian ada suara gemericik dari fbt (Fly Back Transformer). Langsung cabut steker, dan saya lihat ternyata ferit fbt patah. Awalnya saya coba lem ferit yang patah tersebut namun tidak membuahkan hasil. Lanjut ferit fbt saya ganti dengan ferit fbt lain.

Untuk pemasangan antara kedua ferit harus dipasang sekat dari mika atau plastik. Fungsi dari sekat plastik ini saya juga kurang tau pasti. Tapi menurut logika saya, ini bertujuan agar induksi dari kedua ferit sempurna dan sesuai kebutuhan tegangan yang dihasilkan. Pada intinya ferit inilah yang memberikan induksi pada coil fbt untuk menghasilkan tegangan tinggi dan tegangan rendah untuk supplay tegangan vertikal. Jika tidak dikasih sekat bisa jadi tegangan yang dihasilkan naik dan tidak sesuai kebutuhan kop anoda, heater, vertikal dll.

Setelah ferit saya ganti, TV tes nyalakan kembali gambar jadi melengkung kiri kanan disertai gambar bergoyang dari atas ke bawah. Coba menu factory tetap tidak bisa. FBT menggunakan BSC24-3366J dengan PIN COL_180V_B 115 V_GND_12V_26V_Nc_ABL_H_AFC. Cek Transistor Horizontal masih dalam kondisi bagus. Area horizontal semua ok gak ada masalah. Lanjut saya coba ganti FBT, karena gak ada yang asli, ganti dengan persamaannya 154-064P dengan PIN COL_185V_B 115 V_GND_16V_24V_40V_ABL_H_AFC.

Setelah penggantian FBT tes nyalakan, Alhamdulillah TV normal kembali. Namun ada beberapa setingan di menu factory untuk kelebaran dan ketinggian gambar. Cara masuk menu factory, tekan menu di remote dan menu di panel tv. Gunakan tombol menu untuk mengadjust menu factory, vol+ vol- ch+ ch- untuk merubah nilai dan tombol OK untuk menyimpan pengaturan. Untuk keluar dari menu factory gunakan tombol TV/AV.

Komentar

  1. gak membantu infonya kita cari info a yang di tampilkan info b, cari solusi tv sanyo yang keluar LG tv cina, berarti belum pintar juga dong, masih sebelas dua belas dengan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubis, Anda lebih pintar, lebih pintar mengomentari !

      Hapus
    2. Komentarx lubis sangat ga jelas.

      Hapus
  2. Mlm tmn2, tv polytron u-slim 21 in crt mati. Sy ganti pk crt LG slim + yoke dflksi nya. Hasilnya gambar melengkung kiri kanan (pincussion). Sy pasang yoke aslinya bagus tapi gausing gak bs ilang. Repotnya polytron model ini gak ada pengatur EW nya.
    Yg sdh dpt solusi bagi2 dong ilmunya... Mksh.

    BalasHapus
  3. Ngaco urutan penyelesaiannya... Kapasitor yg di ganti nggak ada hubungannya sama TV nggak ada gambar. Awal penjelasan tegangan 250 terukur normal padahal tegangan itu hadir setelah FBT bekerja.

    BalasHapus
  4. Mungkin bengkelnya sepi..jadi cari uang pakai cara lain...

    BalasHapus
  5. Gan untuk kondensator di ukuran c.406, C.412 C.yang satunya lagi lupa itu ukurannya nerqpa saja

    BalasHapus
  6. Gan untuk ukuran konden sator di C. 406 C.412 dan C saya lupa di nomer sasinya tv lg ultra slim 21 inch

    BalasHapus

Posting Komentar

Selamat Datang Di www.nofrianto-elektrik.blogspot.com dan Terima Kasih

Postingan populer dari blog ini

Speaker Aktif GPX

Cara Memperbaiki Kebocoran Mesin Cuci 2 Tabung