Speaker Aktif GPX


Kembali lagi berhubungan dengan audio power amplifier. Servisan kali ini datang Speaker Aktif GPX type XB-9R dengan diagnosa awal suara tidak ada namun speaker masih tetap dalam keadaan nyala (hidup). Setelah casing saya buka, saya dapatkan transistor final TIP41C TIP42C pecah terbakar. Didepan transistor final TIP41C bagian L ada resistor yang hangus R32 dengan nilai 47 Ohm (kuning ungu hitam emas). Kemudian terlihat R7 dengan nilai 470 Ohm (kuning ungu coklat emas) di depan transistor final TIP42C bagian L juga dalam kondisi terbakar.

Sebelum penggantian part yang terbakar tersebut dioda dan transistor di bagian power amplifier saya cek satu persatu. Dioda yang digunakan jenis dioda kaca 4148. D1 untuk kopling transistor Q5 BD139, D2 untuk transistor Q6 BD140. Kedua dioda dan transistor ini untuk audio bagian L. D3 untuk transistor Q7 BD139 D4 untuk transistor Q8 BD140 dan kedua dioda dan transistor ini untuk audio bagian R.

Setelah di cek satu persatu keempat dioda ( D1, D2, D3, D4) ini ternyata masih dalam kondisi bagus. Lanjut pemeriksaan beralih pada transistor kopling BD139 BD140. 2 buah BD139 BD140 untuk audio bagian R dan 2 buah lagi untuk audio bagian L. Transistor Q5 BD139 Q6 BD140 (L) Q7 BD139 Q8 BD140 (R) ini juga tidak mengalami kerusakan.

Setelah semua komponen di bagian power amplifier dirasa aman barulah saya ganti transistor final TIP41C TIP42C masing-masing 2 buah di bagian R dan 2 buah di bagian L. Kemudian kedua resistor yang terbakar R7 470 Ohm (kuning ungu coklat emas) dan R32 47 Ohm (kuning ungu hitam emas) juga ikut saya ganti. Setelah penggantian part transistor final Q1 TIP42C Q2 TIP41C Q3 TIP42C Q4 TIP41C dan R7 470 Ohm R32 47 Ohm speaker saya coba tes nyalakan.

Alhamdulillah Speaker bisa nyala, tes menggunakan flash disk speaker bisa mengeluarkan suara. Namun saat volume ditambah transistor final TIP41C TIP42C berasap dan terbakar lagi. Coba ganti tes lagi namun ketika volume kecil bisa bersuara setelah volume ditambah transistor terbakar lagi. Coba ganti hingga 3 kali percobaan hasilnya masih tetap transistor berasap dan terbakar.

Lanjut pemeriksaan di semua bagian power amplifier dan tone control namun tetap hasilnya semua part tetap dalam kondisi bagus. Kecurigaan mulai muncul pada beban power amplifier yaitu speaker. Speaker Aktif GPX XB-9R ini memiliki 4 buah subwoofer dan 2 buah twiter. 2 buah subwoofer 1 twiter untuk R dan 2 buah 1 twiter lagi untuk L. Disinilah saya kurang hati-hati dalam mengecek speaker ini. Speaker R dan L ini terhubung seri satu sama lainnya. Saya cek gunakan Ohm Meter tanpa terlebih dahulu saya putuskan hubungan kabel speaker antara 2 buah subwoofer dan 1 twiter. Dan hasilnya sudah pasti speaker itu bagus dan tidak short.

Lanjut transistor final TIP41C TIP42C yang terbakar itu lagi saya coba ganti dengan TIP2955 dan TIP3055 sebagai persamaannya. TIP 41C memiliki persamaan TIP3055 dan TIP42C memiliki persamaan TIP2955. TIP41C TIP42C ini memiliki karakteristik 6 Ampere sedangkan TIP2955 TIP3055 15 Ampere. Karena bodi fisik TIP41C TIP42C dengan TIP2955 TIP3055 berbeda, pemasangannya saya gunakan kabel jumper dan pemasangan TIP2955 TIP3055 saya pasang terbalik (kakinya ke atas dan jumper dengan kabel).

Setelah penggantian transistor final TIP2955 dan TIP3055 speaker saya coba tes lagi. Seperti semula speaker saya tes menggunakan flash disk. Alhamdulillah Speaker bisa bersuara dan transistor tidak terbakar lagi saat volume ditambah. Bahkan trimpot pontensio saya coba putar maksimal. Setelah beberapa lagu menyala saya coba pegang heatsing (pendingin transistor). Nah disini ternyata ada kejanggalan lagi. Transistor final bagian R panas seperti membakar namun transistor L tetap dingin. Lanjut saya matikan kembali takut transistor terbakar lagi.

Dari sini saya coba ambil kesimpulan bahwa power amplifier bagian L sudah bisa dipastikan bagus atau aman. Namun masalahnya power bagian R yaitu speaker yang tergolong aktif atau yang memilki power amplifier didalamnya. Power Amplifier bagian L ini saya coba tes 3 jam dan tidak ada masalah. Akhirnya saya coba pindahkan power amplifier L ini untuk speaker R. Baru beberapa lagu nyala transistor panas lagi. Kemudian saya coba power amplifier bagian R untuk speaker L, transistor masih tetap aman dan dingin.

Kecurigaan awal yang tadi pada speaker makin terbukti. Akhirnya speaker bagian R saya putus sambungannya dan tes satu persatu. Awalnya 1 subwoofer saya coba tes suaranya seperti bergemuruh dan saya coba pegang heatsing transistor dan ternyata panas seperti membakar. Lanjut saya tes 1 speaker subwoofer lagi suara normal dan heatsing tetap adem. Coba tes 1 jam sepertinya transistor aman-aman aja dan gak ada tanda-tanda seperti mau terbakar.

Ternyata 1 speaker subwoofer bagian R short dan itulah yang menyebabkan transistor final TIP41C TIP42C terbakar bahkan sampai 3 kali ganti dan terbakar lagi. Hingga akhirnya saya ganti dengan TIP2955 dan TIP3055 tidak langsung terbakar namun heatsing panasnya terlalu tinggi. Langkah terakhir saya putuskan 1 buah subwoofer bagian R dan tes beberapa jam. Alhamdulillah semua normal dan aman tinggal pasang tutup casing kembali.

Pengalaman sebelumnya jarang sekali speaker setengah short biasanya langsung putus dan speaker tidak bisa nyala atau bersuara. Namun inilah faktanya, jadi kesimpulannya jangan memvonis sesuatu yang jarang atau mustahil terjadi kerusakan. Seperti kata pepatah pengalaman adalah guru yang paling berharga. Jerih payah dalam menyelesaikan masalah terbayar sudah. Alhamdulillah Speaker Aktif GPX XB-9R akhirnya normal kembali.

Data Sheet TIP2955 dan TIP3055 silahkan download di: http://nofrianto-elektrik.bloger.mobi/download/1917/tip2955.pdf

Komentar

  1. Met Malam Mas Novrianto.Aku punya speaker sama dengan ini. TIP 41/42 dah aku ganti 3055/2955. BD 139/140 aku ganti 31/32. 103 cap paralel 100r diinput. Trafo 6800uf/80v. Kemarin aku bongkar dan semua socket aku lepas baik yg dr input, dr mic ke tone control maupun tone control ke power. Lha, ada satu socket yg salah pasang krn bentuk dan ukurannya sama yg akhirnya elko putus sebelah dan short sebelah. R47 gosong satu dekat tip 32. Dah aku ganti dan socket aku pasang seperti awalnya lagi tp fuse DC yg dibungkus kotak plastik hitam selalu putus satu, merembet ke elko pasti putus satu dan speaker ngegerung. Baru sebentar dionkan saja langsung putus. Dioda PS dah dicek bagus semua, malah aku ganti baru yg 1N5408 x4. Tp R dan D yg lain belum aku cek. Kelihatannya apanya ya mas? mohon petunjuk. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Waduuuh asiknya kalo udah urusan solderan, Mas
    nih blog akuu: speakeraktifberkualitas.blogspot.com
    Terusin, Mas Kerjanya - Sukses selalu

    BalasHapus
  3. BG aku juga punya speaker dengan merk yang sama dan tipe yang sama aku mau tanya kalau speaker yang out tidak mengeluarkan suara walau sudah di colokan tetap tidak keluar suaranya,apanya y bang yang rusak soketnya juga sudah aku ganti

    BalasHapus
  4. mantap jos teruslah berbagi untuk sesama tuser salam solder panas

    BalasHapus
  5. Bang saya mau tanya,kebetulan saya jga punya speker sprti yg dijelaskan diatas. Apakah sepker 4 subwoper ini bisa salah satu mati.? Dan penyebabnya apa saja. Soalnya sepengetahuan saya speker itu jarang sekali mati total. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Bg.klw digital audio player udah rusak gimana ngatasinnya bg,mksh

    BalasHapus
  7. Bang mau tanya tipe icinya tu brp ya..

    BalasHapus
  8. Bang amaaf numpang tanya
    Saya punya salon gpx pas saya nyalain kisaran volume kisaran 75
    Pas saya fullin d hp malah keluar asap di salon utama tp di salon yg ke 2 suara normal kenceng
    Saya bongkar d salon utama di modul gak ada yg kebakar
    Kemungkinan apa ya mas penyebabnya???
    2spiker utama ada suara kecil banget di fulin pun gk ada keluar suara kenceng
    Mohon saran nya mas
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Bang kalau yg di ganti sebelah saja boleh gg ya
    Soalnya yg kebakar sebelah saja
    Tip41 dan tip42 nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksudnya tip41 dan tip42 diganti yg 2995 dan 3055

      Hapus
    2. Mas dimana cara menyoder untuk saluran speker out speker GPX

      Hapus

Posting Komentar

Selamat Datang Di www.nofrianto-elektrik.blogspot.com dan Terima Kasih

Postingan populer dari blog ini

Gambar Melengkung Kiri Kanan

Cara Memperbaiki Kebocoran Mesin Cuci 2 Tabung