Centronic PA Speaker System

Garapan kali ini kembali berhubungan dengan audio power amplifier, Speaker Aktif Centronic type CT-6003 dengan diagnosa suara tidak keluar. Setelah casing saya buka terlihat Transistor Final TIP 41 TIP42 dalam kondisi pecah. Speaker Aktif centronic ini memiliki audio mono dengan 2 buah transistor final TIP41 TIP42. Dan rangkaian power amplifier terpasang 1 blok dengan audio tone control.

Cek fisik transistor final TIP41 TIP42 dalam kondisi pecah. Selanjutnya transistor yang pecah ini saya ganti. Setelah penggantian part, Speaker saya coba nyalakan. Alhamdulillah Speaker nyala, beberapa detik kemudian muncul noise pada speaker. Semakin lama noise semakin besar. Saya coba gunakan input line menggunakan DVD untuk mengetes apakah ada suara atau tidak.

Setelah input line terpasang, saya coba nyalakan lagi Alhamdulillah suara sudah keluar. Namun beberapa detik kemudian noise muncul lagi. Suara musik ada namun ada suara seperti orang memukul beduk di speaker. Makin lama suara dug dug dug makin cepat dan semakin membesar sehingga sangat mengganggu suara musik yang diputar dari DVD. Lanjut speaker saya matikan dan output untuk speaker saya cut dari rangkaian power amplifier.

Setelah output speaker saya cabut dari rangkaian, tes nyalakan lagi untuk mengukur tegangan. Pengukuran tertuju pada IC prosesor echo/surround HT8970. IC prosesor ini bekerja pada tegangan vcc 4.5volt s/d 5.5volt. Berikut Data Sheet IC HT8970:
*Pin 1 VCC (input)
*Pin 2 REF
*Pin 3 AGND
*Pin 4 DGND
*Pin 5 OSC_O
*Pin 6 VCO
*Pin 7 CC1
*Pin 8 CC0
*Pin 9 OP1_OUT
*Pin 10 OP1_IN
*Pin 11 OP2_IN
*Pin 12 OP2_OUT
*Pin 13 LPF2_IN
*Pin 14 LPF2_OUT
*Pin 15 LPF1_OUT
*Pin 16 LPF1_IN

IC prosesor echo/surround HT8970 memiliki tegangan kerja min 4.5volt max 5.5volt. Lanjut saya ukur tegangan input vcc IC di pin 1 terukur 12volt. Nah disini letak kejanggalannya, input IC ini seharusnya berkisar antara 4.5volt s/d 5.5volt. IC ini terhubung dengan output IC stabil 7805. IC stabil 7805 ini mendapat supplay tegangan dari IC stabil L7812CV. Cek tegangan di pin output IC L7812CV terukur 12volt, nah ini berarti normal. Lanjut cek tegangan di pin input IC 7805 terukur 12volt. Ini juga normal karena IC 7805 dapat supplay tegangan langsung dari IC L7812CV.

Selanjutnya cek tegangan di pin out IC 7805 terukur juga 12volt. Disinilah tegangan tidak normal. Seharusnya pin out keluar tegangan 5volt dan langsung mensupplay IC prosesor HT8970. Langsung cabut IC 7805 dan saya ganti dengan IC stabil L7805CV. Walaupun beda karakter fisik namun fungsi kedua IC ini (7805 dan L7805CV) sama yaitu untuk stabil tegangan 5volt. Setelah penggantian part, lanjut tes nyalakan dan ukur tegangan di pin input IC prosesor HT8970. Disini terukur 5volt, nah itu berarti sudah normal. Langsung tancap kembali output speaker yang saya cabut tadi. Dan tes Alhamdulillah Speaker Aktif normal kembali. Noise telah hilang dan pasang kembali rangkaian pada box nya.

Data Sheet IC Prosesor ECHO Surro HT8970 silahkan download di http://nofrianto-elektrik.bloger.mobi/download/1827/ht8970.pdf

Komentar

  1. pa saya mau nanya kalo trafo hangus ganti dengan trafo baru 3A dan saya suda pasng strom 220v
    tapi di sebelah lagi ada 18V 25V 32V berapa V yg di pasang???
    centronic speaker

    BalasHapus
  2. Mau nanya dong, speaker aktif saya sama kyk ini centronic ct 6003, nah kendalanya knp setiap dihidupin ada jeda mati sendiri trs hidup sendiri lg ? Matinya cm bentar paling 1 detik, cm sangat menggagu. Kalo hp seperti restart lah. Kalo untuk play lewat usb musiknya mati terus di play lagi dr awal.. mohon pencerahannya kira2 apa yg rusak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @dwiex ajjza kirim foto mesinnya via wa mas

      Hapus
    2. Nggk kebalik ya om Ic 78L05 & 7805 cv bukanya beda pin in dan outnya ☕

      Hapus
  3. Speaker aktif sy jg merk centronik. Gak keluar suara hny dengung. Sy cek fisik transistornya gak pecah. Kira2 apanya ya bang?

    BalasHapus
  4. Mas gimna cara nyambung echo buatan bukan dari pabrik dan pcb nya merakit sendiri

    BalasHapus
  5. mas aku juga punya speaker aktif centronic,itu pake trafo berapa amper yah?

    BalasHapus
  6. Bang nyari mesin nya di mana bang kalo ada online nya saya mau beli punya saya patah.

    BalasHapus
  7. Saya juga punya spiker aktif centronic, tapi troponya suda di ganti dgn 5A CT transpormer, tp yg aneh yg di ambil 16V sedangkan di tulus di papan vcb 21V,, knapa bisa bgitu ya mas?

    BalasHapus
  8. Halo mas ,adakah persamaan IC HT 8972 ? Kalau ada barang. Icht 8972 tolong info mas,trmksh,

    BalasHapus
  9. Apakah IC ht8970 bisa dipakai untuk ic ht8972 ?

    BalasHapus
  10. Bang ic 7805 udah ganti baru tapi masih dug dugbunyinya...saya cabut ic ht8970 suara berkurang..apa ini yg rusak bang.. cara tes ic 9870 ini gimana ya bang?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  11. Mas ic ht8972 bisa diganti dgn ic ht8970

    BalasHapus
  12. Power yg sama seperti gambar d atas ,, suara serak tp tip 41 42 normal,, itu biasanya shot d bagian mana ya master,,,

    BalasHapus
  13. Saya punya mesin yg persis sama ..kalo potensio bass ,cuma sedikit berfungsi dan trible sma sekali tidak berfungsi itu apanya bg

    BalasHapus
  14. Bang kalo speaker polytron pas 081 tidak mengeluarkan suara apa kira² seperti di atas juga permasalahan nya,

    BalasHapus
  15. Speaker centronic sy , penyakit nya suara pelan dan serak ,kira kira apa yang perlu di ganti ya mas?

    BalasHapus
  16. Mas mau tanya.. Speker aktif saya merk King max sr999 suara mic nya gk kluar kira kira itu apa ny ya mas?

    BalasHapus
  17. Colokan dibawah tulisan speaker itu fungsinya apa untuk apa ya ??? Soalnya nemu kit sama sperti itu gak tau fungsinya (gak ada tulisannya) trims

    BalasHapus
  18. Om kaloo suaraa micropon tidak ada sama sekali,penyebabnya apa ya? Punya saya juga tipe nya seperti itu,punya lawega

    BalasHapus

Posting Komentar

Selamat Datang Di www.nofrianto-elektrik.blogspot.com dan Terima Kasih

Postingan populer dari blog ini

Gambar Melengkung Kiri Kanan

Speaker Aktif GPX

Cara Memperbaiki Kebocoran Mesin Cuci 2 Tabung