King Max SR 111

Servisan kali ini speaker aktif King Max type SR 111 dengan diagnosa mati total. Setelah casing saya buka pertama saya lihat bagian audio tone control ada resistor yang terbakar. Resistor ini jenisnya resistor kapur dengan nilai 150 Ohm 5 Watt. Disinilah saya sempat kebingungan, resistor ini sangat langka dipasaran bahkan bisa dibilang gak ada.

Akhirnya resistor ini saya ganti dengan resistor karbon yang nilainya 330 Ohm 3 Watt (orange orange coklat emas). Resistor ini saya ambil 2 buah dan saya rangkai paralel. Resistor jika dirangkai seri nilainya bertambah (naik), jika dirangkai paralel nilainya berkurang (turun). Disini berlaku rumus:
Resistor seri: R total = R1tambah R2 tambah R3 tambah R4 tambah R5 ~ dst
Contoh: 3 buah resistor dirangkai seri masing-masing nilainya R1100 Ohm R2 100 Ohm R3 100 Ohm. Jika dirangkai seri nilainya bertambah (naik).
R total = R1 tambah R2 tambah R3=100 tambah 100 tambah 100= 300 Ohm
Jadi nilai 3 buah resistor yang dirangkai seri adalah 300 Ohm.
Resistor paralel : R total = 1/(1/R1 tambah 1/R2 tambah 1/R3 tambah 1/R4 tambah 1/R5 ~ dst
Contoh: 3 buah resistor dirangkai paralel masing-masing nilainya R1 150 Ohm R2 150 Ohm R3 150 Ohm. Jika dirangkai paralel nilainya berkurang (turun).
R total =1/(1/R1 tambah 1/R2 tambah 1/R3)= 1/(1/150 tambah 1/150 tambah 1/150) = 50 Ohm.
Jadi nilai 3 buah resistor yang dirangkai paralel adalah 50 Ohm.
Speaker Aktif ini memiliki resistor Kapur dengan nilai 150 Ohm 5 Watt. Karena resistor jenis ini tidak ada dipasaran saya ganti dengan 2 buah resistor karbon dengan nilai 330 Ohm kemudian saya rangkai paralel seperti foto diatas. Jadi nilai R total = 1/(1/330 tambah 1/330) =165 Ohm. Nah disini ada sedikit perbedaan nilai aslinya 150 Ohm sementara saya ganti dengan 165 Ohm. Pertimbangan resistor jenis kapur itu tahan panas sedangkan resistor karbon kurang tahan panas. Makanya saya ganti dengan nilai 165 Ohm untuk mengurangi kelebihan panas jika beroperasi terlalu lama.

Sebelum speaker saya tes, saya cek lagi bagian audio tone controlnya. Karena resistor kapur ini jarang sekali terbakar atau short. Lanjut pemeriksaan selanjutnya tertuju pada dioda zener 5v1. Setelah dicek ternyata zener ini ikut short. Kemudian pemeriksaan tertuju IC stabil L7812CV dan L7912CV yang terhubung langsung dengan resistor kapur 150 Ohm 5 Watt yang terbakar ini. IC ini juga ikut jebol karena resistor 150 Ohm 5 Watt terbakar.

Setelah semua dirasa aman, semua komponen yang short saya ganti. Part yang saya ganti Resistor saya ganti dengan 2 buah resistor karbon dirangkai paralel zener 5V1 IC stabil L7812CV L7912CV. Selanjutnya speaker saya tes Alhamdulillah nyala. Namun setelah saya tes dengan flash disk disini muncul kasus baru. 1 speaker bisa nyala speaker yang sebelah lagi mati.

Perburuan dilanjutkan ke bagian Power Amplifier atau yang biasa disebut PA. Power Amplifier ini menggunakan Transistor final TIP 2955 dan TIP 3055 dua pasang (4 buah) 2 buah untuk R 2 buah untuk L. Setelah transistor ini saya tes tenyata keempat transistor ini masih bagus. Namun tetap kendalanya hanya 1 speaker yang nyala. Pemeriksaan selanjutnya tertuju pada pada transistor kopling 2 buah BD 139 2 buah BD 140. Ternyata keempat transistor ini juga dalam kondisi bagus.

Akhirnya speaker saya tes nyalakan, namun tetap cuma 1 speaker yang nyala. Sambil tetep nyalakan saya coba pegang Relay 12 volt DC nah kedua speaker akhirnya nyala. Lanjut power amplifier saya solder ulang kemudian saya bersihkan dengan thiner. Nah setelah PCB bersih disitu terlihat ada jalur yang hampir putus. Karena jalur inilah speaker tidak bisa bekerja normal. Power amplifier ini menggunakan Relay. Relay ini berfungsi sebagai protek. Jika input relay kurang dapat tegangan 12 volt DC maka relay secara otomatis memutuskan arus ke output speaker dan speaker tidak bisa nyala. Selanjutnya jalur yang putus ini saya sambung kembali. Dan Tes Alhamdulillah Speaker Aktif King Max SR 111 ini normal kembali.

Komentar

  1. Ada mesin speaker aktif lawega tipe 839

    BalasHapus
  2. Ada jual piwer speaker aktif lawega 839?

    BalasHapus
  3. Aq punya problem kingmax sr999 nois nya bikin risih
    Udah aq ganti ic 79&7812 serta 2 ic yng Kakinya 8
    Masih juga nois
    Nois lumayan mengganggu, meski suara tidak ikut naik saat vol di putar
    Kalau buat pidato bikin risi saja
    Kedengeran banget nois nya

    BalasHapus
  4. Bang biasnya kabel input audio amplifier ada kabel merah putih , itu untuk apa ya

    BalasHapus
  5. Mas kalo ganti tun kontrol king max sr111,lengkap Ama PCB
    Apa namanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Selamat Datang Di www.nofrianto-elektrik.blogspot.com dan Terima Kasih

Postingan populer dari blog ini

Gambar Melengkung Kiri Kanan

Speaker Aktif GPX

Cara Memperbaiki Kebocoran Mesin Cuci 2 Tabung