Mesin Cuci Toshiba AW-F74EN Program Spin Error

Servisan kali ini Mesin Cuci Toshiba AW-74EN dengan diagnosa program spin error. Mesin Cuci jenis ini memiliki 4 program pencucian:
1. Wash proses mencuci
2. Rinse proses membilas
3. Overflow Rinse proses pembilasan noda dan busa deterjen
4. Spin proses pengeringan

Gejala kerusakan mesin cuci ini, tidak bisa mengeringkan setelah proses rinse mesin langsung berhenti beroperasi. Mesin Cuci ini menggunakan kontrol digital untuk pengoperasiannya. Dari analisa wiring diagram muncul kecurigaan pada switching pengaman yang terletak di tutup mesin cuci.

Switch ini berfungsi sebagai pengaman saat proses pengeringan. Jika pintu dibuka saat proses pengeringan, switch ini akan terbuka atau dalam kondisi OFF dan langsung memutuskan arus ke bagian mesin. Sebaliknya saat pintu ditutup switch akan tertutup atau dalam kondisi ON dan mengalirkan arus ke bagian mesin.

Fungsi switch ini di pasang di pintu penutup mesin cuci sebagai pengaman saat proses pengeringan. Karena saat dalam kondisi spin mesin akan berputar sangat cepat dan sangat berbahaya jika penutup terbuka.

Setelah switch ini dilepas dari kedudukannya, ternyata mata konektornya telah hangus seperti bekas percikan bunga api. Dan pastinya switch ini tidak berfungsi lagi. Karena mata konektor yang seharusnya menyambung dan mengalirkan arus jadi terputus akibat hangus seperti terbakar.

Switch ini saya coba bersihkan dengan kertas pasir pada kedua mata konektornya. Setelah kedua mata konektor ini bersih, saya tes menggunakan multitester pada posisi ohm meter di skala X1 ohm. Alhamdulillah switch kembali berfungsi.

Terakhir pasang kembali switch pada kedudukannya dan coba tes operasikan mesin, Alhamdulillah proses spin normal kembali.

Komentar

  1. Terimakasih, sangat membantu saya. Akhirnya gak jadi beli mesin baru

    BalasHapus
  2. Barusan saya selesei mesin cuci sejenis diatas kasusnya getaran saat spin selalu besar hingga otomatis berhenti, awalnya saya cek kerataan kaki mesin tetapi geraran tidak hilang,
    Hari ini mumpung minggu saya coba bongkar total mulai dek belakang kemudian turup n panel atas, kemudian tabung cuci yang berputar saya lepas saya cuci,
    Ternyata tabung yang berputar ada sambungan dengan 6 skrup, pada bagian atas bentuknya tabung melingkar kurang tahu masuknya dari mana akhirnya saya putuskan untuk melubangi tabung tersebut intuk mengeluarkan air, saya pasang lagi dan saya coba ternyata kasus selesei,
    Kesimpulan adanya air di bagian atas meningkatkan gaya sentrifugal sehingga mesin selalu bergetar hebat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spin tiba tiba tidak berfungsi . awalnya saya memaksakan mencuci bed dan mengeringkan bed cover. apa karena beban terlalu berat ...sejak saat itu spin tidak berfungsi

      Hapus
  3. Serupa dgn yg saya alami pada mesin cuci saya,tapi tdk berani buka mesinnya,dipanggil tk.reperasi sudah 4 x,biaya sudah melebihi pembelian,tapi masih bisa dipakai sampai sekarang.

    BalasHapus
  4. KLO saat operasi mesin tiba tiba mati apa nx ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Selamat Datang Di www.nofrianto-elektrik.blogspot.com dan Terima Kasih

Postingan populer dari blog ini

Gambar Melengkung Kiri Kanan

Speaker Aktif GPX

Cara Memperbaiki Kebocoran Mesin Cuci 2 Tabung