Power Amplifier

Servisan kali ini kembali berhubungan dengan audio power amplifier. Kali ini Power KIT Amplifier yang dijual dipasaran yang terpasang pada Speaker Aktif LAWEGA. Power KIT Amplifier ini dengan gejala kerusakan suara tidak balance, volume tidak bisa nol walaupun trimpot potensio diputar min dan speaker bagian L serak.

Power KIT ini bekerja pada tegangan CT 21.5volt dan Transistor Final A1941 dan C5200D dengan kopling BD139 BD140. Langkah awal saya lakukan solder ulang pada semua titik yang solderannya retak terutama pada bagian trimpot potensio. Setelah semua titik solderan yang retak di solder ulang kembaliS Speaker tes nyalakan. Sedikit ada perubahan, noise hilang dan volume telah bisa diadjust nol pada posisi trimpot potensio min. Namun suara bagian L tetap serak.

Lanjut, cek bagian power final komponen terkait Transistor Final A1941 dan C5200D. Setelah dicek ternyata Transistor Final A1941 short. Selanjutnya Transistor Final A1941 ini saya ganti dengan persamaannya A1943 karena Transistor A1941 langka dipasaran. Setelah penggantian part, Speaker tes kembali, Alhamdulillah suara normal. Running tes selama1 jam, pegang heatsing transistor final masih tetap adem. Terakhir pasang kembali pada box dan siap bayaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar Melengkung Kiri Kanan

Speaker Aktif GPX

Cara Memperbaiki Kebocoran Mesin Cuci 2 Tabung